Kang Irvan Lantik Unit Satgas Saber Pungli

Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar, Senin (23/1/2017) melantik Tim Saber Pungli Kab. Cianjur di Taman Pancaniti Cianjur / Humas Pemkab Cianjur

#INFOCJR – Banyaknya praktek pungutan liar (Pungli) yang merugikan masyarakat menjadi kekhawatiran semua pihak. Sebab itu Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar, Senin (23/1/2017), langsung melantik Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Saber Pungli di wilayahnya.

“Dengan terbentuknya unit satuan tugas Saber Pungli di Kabupaten Cianjur dan dilantiknya sudara – saudara sebagai anggota satgas Saber pungli ini. Hal ini menjadi jawaban guna mencegah berkembangnya pungutan liar di berbagai sektor organisasi perangkat daerah dan institusi lainnya yang melakukan pelayanan publik, sehingga masalah pungli di daerah dapat diatasi dengan cepat dan tegas,” kata Bupati dalam sambutannya pada Pelantikan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Cianjur di Taman Pancaniti Cianjur.

Nampak hadir Unsur Muspida Cianjur, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Cianjur, Sejumlah Camat se-Kab. Cianjur serta para tamu undangan lainnya.

Menurut Bupati, pemberantasan pungutan liar merupakan salah satu program prioritas dari 8 bentuk reformasi birokrasi dan bentuk dukungan terhadap 9 nawa cita presiden republik indonesia. unit satuan tugas saber pungli memiliki fungsi utama yakni membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas pemberantasan pungutan liar di berbagai sektor layanan publik dengan berbagai tingkatan dan karakteristik.

“Untuk memenuhi tuntutan tersebut, satgas saber pungli diharapkan mampu menjadi motor penggerak perubahan serta dapat mencegah terjadinya tindakan pungli,” sambung Bupati.

Dijelaskannya, usaha untuk melaksakan fungsi pemberantasan pungutan liar tersebut diantaranya membangun sistem pemberantasan pungli, melakukan pengumpulan dan informasi dengan menggunakan teknologi informasi, mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungli, melakukan operasi tangkap tangan (OTT) serta memberikan rekomendasi pada pimpinan untuk memberikan sanksi pada pelaku pungli sesuai ketentuan yang berlaku dan melaksanakan evaluasi pemberantasan pungli di Kabupaten Cianjur. (Deon)

Share This:

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *