You are here
Home > NEWS > Jawa Barat > Yuk Peduli Penderita Thalasemia!

Yuk Peduli Penderita Thalasemia!

#INFOCJR – Ketua Yayasan Thalasemia Kab. Cianjur, Hj. Ratu Eliesye Irvan, mengajak masyarakat untuk peduli terhadap penderita thalasemia. Yakni mereka yang tidak beruntung karena memiliki kelainan darah yang diturunkan dimana tubuh tidak memproduksi cukup hemoglobin sehingga mengakibatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh sedikit.

“Sudah sepatunya kita yang memiliki kemampuan lebih bisa berbagi kepada saudara kita yang tengah dalam penderitaan dan kekurangan. Salah satunya mereka para penderita thalasemia,” kata Ratu Eliesye yang juga isteri Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar saat mengunjungi pasien thalasemia anak-anak di RSUD Sayang Cianjur, Selasa (12/12/2017). Dalam kesempatan itu Ratu Eliesye juga sempat memberikan santunan kepada sejumlah pasien anak. Ia berharap pasien thalasemia bisa dilayani dengan baik di rumah sakit kebanggaan warga masyarakat Cianjur ini.

Untuk diketahui thalasemia erat kaitannya dengan kurangnya produksi hemoglobin. Yaitu protein pembentuk sel darah merah yang berguna untuk mengikat oksigen dan membawanya ke seluruh tubuh. Saat tubuh kekurangan hemoglobin, sel darah merah tidak bisa berfungsi dengan baik dan hanya dapat hidup untuk waktu yang pendek. Karena sedikitnya sel darah merah sehat yang beredar ke seluruh tubuh, maka oksigen yang diantarkan ke seluruh tubuh tidak cukup dan mengakibatkan seseorang terkena anemia dengan gejala mudah merasa lelah, lemah, dan bahkan sesak napas. Orang dengan thalasemia dapat mengalami anemia ringan ataupun berat. Anemia berat dapat mengakibatkan kerusakan organ dan mengakibatkan kematian.***

infocianjur
INFOCIANJUR dari Cianjur untuk Indonesia
http://infocianjur.com

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top