You are here
Home > WISATA > Jalan-Jalan > Jalur Kereta Cianjur-Padalarang Bakal Kembali Diaktifkan

Jalur Kereta Cianjur-Padalarang Bakal Kembali Diaktifkan

#INFOCJR – Jalur kereta api Cianjur-Padalarang akan kembali diaktifkan. Kepastian ini didapatkan usai Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau jalur kereta api dari Stasiun Gambir-Bogor-Sukabumi beberapa waktu lalu.

Nantinya jalur kereta ini akan menghubungkan jalur Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang-Bandung. “Saya ingin membuat kereta api ini lebih nyaman, cepat dan tidak hanya sampai ke Bogor-Sukabumi, tapi sampai ke Padalarang-Bandung,” terang Menhub dalam keterangannya kepada Wartawan, Kamis (31/8/2017).

Seperti diberitakan Liputan6.com, saat ini kereta api dari Stasiun Bogor hanya bisa sampai ke Stasiun Cianjur via Sukabumi. Sementara dari Bandung, jalur rel kereta api aktif baru sampai Stasiun Padalarang.

“Jalur tersebut dihidupkan lantaran padatnya mobilitas masyarakat di lintasan tersebut. Kereta api yang tersambung dari Bogor sampai Bandung ini bisa jadi alternatif angkutan umum,” tambah Budi Karya.

Budi juga menyampaikan bahwa sekarang ini jalur darat Sukabumi ke Bogor cukup macet. Kemacetan ini dikarenakan banyak hal, ruas jalan kecil, tetapi kendaraan yang melintas sangat banyak, baik kendaraan pribadi maupun logistik.

Oleh karena itu, Kemenhub akan mendorong agar angkutan logistik memanfaatkan jalur kereta api untuk mengurangi beban jalan yang sudah sangat berat di jalur Bogor-Sukabumi. Untuk itu, jalur kereta api Sukabumi – Bogor akan ditingkatkan. Selain itu, juga akan disediakan sarana kereta yang lebih baik, agar kelas menengah mau berpindah ke angkutan kereta api.

“Saya berharap angkutan logistik bisa diangkut dengan kereta terutama pada jam-jam kosong lintasan kereta, seperti pada malam hari. Pengangkutan air minum bisa memanfaatkan kereta api,” katanya. (Deon dari Liputan6.com)

infocianjur
hadir untuk turut berkontribusi bagi Indonesia, dari Cianjur untuk Dunia
http://infocianjur.com

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top