You are here
Home > WISATA > Negri Kopi > Selamat Datang Kopi Sarongge, Selamat Datang Kopi Cianjur

Selamat Datang Kopi Sarongge, Selamat Datang Kopi Cianjur

#INFOCJR – Berkebun kopi di Sarongge tak pernah seragam. Ini adalah kebun kebun rakyat. Mereka dapat menanam kapan saja, sesuai kemauan dan kesempatan. Bibitnya pun macam macam. Tak ada yang direncanakan tunggal. Ada yang tumpang sari dengan sayuran. Ada untuk tanaman pagar. Ada juga yang khusus bikin kebun kopi.

Kebun pertama dibuka November 2015. Sebagian diantaranya sudah panen. Dan kebanyakan dari penanam awal ini, akan panen dalam beberapa bulan ke depan. Ada yang menyusul tanam September 2016. Ada pula yang baru menanam pekan ini.
Tahun depan, kebun kebun di Sarongge, mudah mudahan menghasilkan gelondong kopi 20 ton. Negri kopi sudah siapkan fasilitas paska panen, hingga penyangraian di Kampung Sarongge.

Harapan petani Sarongge dan beberapa desa sekitarnya, adalah program perhutanan sosial yang kini digalakkan pemerintahan Jokowi.
Dengan skema akses tanah selama 35 tahun, dan dukungan pembiayaan yang cocok, kopi Sarongge akan berkembang pesat di waktu mendatang. Sejahtera petani, nikmat buat penggemar kopi. (Tosca Santoso @negrikopi)

infocianjur

hadir untuk turut berkontribusi bagi Indonesia, dari Cianjur untuk Dunia

http://infocianjur.com

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top