Senam Jantung Sehat di KRC Cibodas

 Senam Jantung Sehat di KRC Cibodas



#INFOCJR – Kebun Raya Cibodas Cianjur dipadati oleh sebanyak 17 ribu orang yang terdiri dari pengurus dan jajaran anggota Yayasan Jantung Indonesia cabang utama Jawa Barat.

Kegiatan tersebut terlihat meriah dengan dilaksanakannya berbagai acara di antaranya senam bersama, pelantikan pengurus, parade senam dan juga pembagian doorprize.

Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman yang tampak menghadiri acara tersebut mengapresiasi kegiatan yang tentunya dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan acara Jantung Sehat ini bisa terus dilaksanakan sehingga dapat membiasakan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya terutama kesehatan jantung yakni dengan berolahraga,” kata Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman di sela-sela kegiatan Yayasan Jantung sehat, Minggu (15/12/2019).

Sementara Ketua BPKJ kabupaten Cianjur Dr. H. Suranto mengatakan, acara ini merupakan puncak perayaan hari ulang tahun yayasan Jantung Indonesia ke 38.

“Hari ini adalah ulang tahun yayasan Jantung Indonesia untuk tingkat Jabar, namanya cabang utama Jawa Barat di adakan setiap tahun setiap kota/kab se-Jabar untuk tahun ini Kabupaten Cianjur menjadi tuan rumah,” katanya.

Suranto menuturkan, para peserta dari 27 Kab/Kota se-Jawa Barat dan hadir kurang lebih 17 ribu orang. “Memang banyak yang hadir antusias mereka cukup bagus, kami juga mohon maaf kepada semuanya karena ada sekitar 300 kendaraan roda empat termasuk bis, sehingga membuat macet,” tuturnya.

Ia mengatakan, target yayasan Jantung Sehat yakni silaturahmi antar anggota, selain itu ada penampilan kreasi gerakan senam dari setiap daerah.

“Ada banyak kegiatan lain diantaranya parade senam, karena ini tempat wisata para anggota pun sekalian berwisata, ada juga doorprize yang kita berikan,” kata Suranto.

Selain itu kata Suranto ada juga pelantikan pengurus, karena ada kepengurusan, satu tingkat Jawa Barat, tingkat Nasional dan tingkat Kabupaten. Ini namanya (BPKJ) Badan Pelaksana Klub Jantung sehat. Pengurusnya setiap Kabupaten kemudian ke bawahnya ada tingkat Kecamatan baru anggotanya 5 tahun dan 5 tahun sekali diadakan pelantikan ada yang baru terbentuk ada yang lama juga,” katanya.

Terakhir Suranto mengajak agar selalu menjaga kesehatan, program dari jantung sehat yakni Sehat Juga diantaranya keseimbangan gizi, enyahkan rokok, tekanan darah dan olah raga secara rutin karena kenyataanya angka kematian di ICU itu hampir 80% karena penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Dua penyakit ini mengancam dari Yayasan Jantung Indonesia berharap bisa memasyarakatkan sehingga masyarakat bisa rutin berolah raga kemudian bisa mencegah penyakit berbahaya, harapan kita ini terus setiap tahun kita langsung kan setiap senam adakan edukasi pembelajaran bagaimana hidup sehat, untuk remaja kita berharap juga makanya ada (KJR) klub jantung remaja yang aktif dengan berolah raga sehingga dengan berolah raga jadi energinya habis untuk berolah raga tidak ada kegiatan negatif,” imbuhnya. (Ghienz)




infocianjur

http://infocianjur.dev

dari Cianjur untuk Indonesia