Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Dandim 0608 Cianjur Berikan Rumah Baru Penderita ODGJ Agar Hidup Layak




#INFOCJR – Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani meresmikan rumah yang kini ditempati oleh keluarga Bakri yang mengalami keterbelakangan mental, Bakri (72) sebelumnya tinggal di gubuk tengah sawah, kini rumahnya sudah mendekat dan berada di area permukiman warga. Kesehatan Bakri pun terlihat membaik setelah sebulan mendapat pengobatan di Bogor.

Keluarga Bakri (72), tinggal di sebuah rumah yang baru dibangun, di Kampung Kiarapayung RT 02/06, Desa Ramasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

Penyerahan kunci rumah diserahkan oleh Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, Sabtu (16/3/2019). Semula keluarga Bakri yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak mengalami keterbelakangan mental. Mereka hidup di sebuah gubuk yang terletak di tengah sawah dan cukup jauh dengan warga. 
Bakri tinggal bersama istrinya Aisyah (45) dan anaknya Jujun Junaedi (10).

Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, mengatakan, awal mula membangun rumah Bakri karena niat memberikan bantuan.

“Kami bersyukur atas galangan dana untuk keluarga Bakri, mereka juga adalah keluarga kita warga yang sama memiliki hak hidup layak, semoga dengan adanya momen ini bisa menjaga toleransi dan kerukunan,” kata Rendra.

Dandim menceritakan awal mula mengetahui penderitaan keluarga Bakri mendengar laporan dari Babinsa dan melihat di media.

“Selaku prajurit saya terketuk hati untuk membantu karena ini juga sudah sesuai amanat undang-undang,” kata Rendra.

Kades Ramasari Agus Sumarna mengatakan, kalau dinilai dari tingkat kemiskinan keluarga Bakri sebenarnya punya tanah sawah.

“Tapi karena orang dengan gangguan jiwa jadi semakin hari semakin tak terurus, sehari-hari istrinya keliling pasar mengemis di Pasar Ciranjang,” kata Kades.

Kades mengatakan, sebenarnya warga secara swadaya sudah melakukan tiga kali rehab alakadarnya.

“Dari pemdes juga memperbaiki, kami pernah melihat tumpukan uang di bawah kasur sampai uangnya hancur karena mungkin disimpan lama. Alhamdulillah sekarang normal bahkan ada bantuan dari Dinsos perbulan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Sementara pada kesempatan tersebut Ketua Persit Cianjur Neni Rendra beserta anggota lainnya memberikan bantuan berupa sembako kepada Warga sekitar yang sudah lanjut usia. (Ghienz)




Related posts
Berita Covid-19Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Jelang Berakhirnya Penerapan PPKM Level 1-4, Bupati Bersihkan Masjid Agung Cianjur

1 Mins read
#INFOCJR – PPKM Darurat yang diterapkan sejak tanggal 3-20 Juli 2021 dan berganti nama menjadi PPKM Level 1-4 dari tanggal 20-25 Juli…
AdvertorialBisnisGERAI USAHAJawa BaratNasional

Ikuti Challenge Festival bjb #GakPakeRibet #DiRumahAja Berhadiah Total Rp22 Juta

1 Mins read
#INFOCJR – Di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah dibatasi untuk menekan sebaran Covid-19….
Berita Covid-19Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Kabupaten Cianjur Kekurangan Stock Vaksin

1 Mins read
#INFOCJR – Pemkab Cianjur hingga saat ini menunggu kiriman vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pelaksanaan vaksin selanjutnya. Menurut Jubir Satgas…