Disdukcapil Cianjur Optimalkan Pelayanan Adminduk




INFOCJR – Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman pimpin langsung Program Percepatan Pembangunan yang dikemas dalam Cianjur Ngawangun Lembur Bergerak Hadirkan Semangat Membangun Cianjur (CNL BHS Manjur) di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas. Rabu (5/2/2020).

Pada kesempatan tersebut Bupati membawa serta dinas terkait termasuk membawa berbagai bantuan dan pelayanan. Seperti halnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cianjur yang memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dengan target setiap kegiatan CNL mencetak 100 e-KTP baru.

Kadisdukcapil Cianjur H. Munajat mengatakan, untuk memudahkan pelayanan adminduk bagi masyarakat pihaknya telah launching 6 titik lokasi pelayanan tingkat kecamatan diantaranya di Kecamatan Warungkondang, Cipanas, Ciranjang, Sukanagara, Cibinong dan Cidaun. Dengan terbaginya tempat-tempat pelayanan otomatis untuk menghindari oknum-oknum yang memanfaatkan situasi sulit saat ini dan lambat laun akan menjadi pertimbangan bagi masyarakat.

“Tentunya ini satu solusi untuk melayani masyarakat, karena ongkos lebih murah dan mereka bisa datang langsung dan tidak perlu lagi meminta bantuan orang lain. Dari 6 titik itu bisa membawahi kecamatan lainnya,” katanya.

Munajat menuturkan, ada 37 ribu orang yang sudah terekap namun belum mendapatkan e-KTP dan ketersediaan blanko pada tahun 2020 akan diprioritaskan kepada mereka yang sudah terekap namun belum mendapatkan e-KTP. Ia berharap dengan melakukan percepatan, targetnya diakhir Februari 2020 dari 37 ribu orang itu bisa selesai sesuai pertimbangan kemampuan sumber daya, sarana dan prasarana.

“Saat ini di Cianjur ada 37 ribu orang yang belum mendapatkan e-KTP tetapi sudah terekap. Mungkin mereka baru memiliki suket, ini akan kita prioritaskan dibanding mereka yang datang karena KTP-nya patah atau fotonya buram. Nah itu bukan tidak akan dilayani tetapi menjadi prioritas berikutnya,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, kedepannya akan membuka gerai di ruang-ruang publik seperti di pasar dan mall. Sehingga dapat mengingatkan masyarakat sadar adminduk dan guna meningkatkan pelayanan pembuatan e-KTP, KK dan Akta Kelahiran.

“Mana kala masyarakat sudah mengetahui bahwa sudah ada tempat-tempat layanan baru diluar kantor Disdukcapil disitulah kepuasan pelayanan bisa dirasakan oleh masayrakat,” ujarnya.

Ia juga menghimbau, kepada semua masyarakat hendaknya apabila datang ke tempat layanan dapat menyiapkan seluruh persyaratan dan menjamin apabila persyaratan terpenuhi pastinya dilayani secara optimal tanpa meminta bantuan kepada orang lain.

“Itu menjadi sebuah komitmen kami, karena biasanya keluhan itu muncul pada saat mereka merasa sudah memenuhi persyaratan dan ternyata ada yang belum. Padahal kesalahan itu dilakukan oleh masyarakat sendiri, tetapi menjadi pengalihan beban seolah-olah pelayanan petugas yang kurang, bukan seperti itu,” pungkasnya. (Ris)




dari Cianjur untuk Indonesia