Lahap Memakan Daging Kurban, Inilah 5 Buah Penawar Mabuk Kolesterol




#INFOCJR – Umat muslim di seluruh penjuru dunia baru saja merayakan lebaran Idul Adha, Jumat, 31 Juli 2020. Tentunya masyarakat akan melakukan pemotongan hewan kurban dan memasak daging kurban dengan beragam hidangan sesuai selera dan tradisi.

Susana penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh DKM Masjid Agung Cianjur, Jumat (31/7/2020). Foto : @infocianjur

Tetapi makan terlalu banyak daging hewan kurban khususnya daging kambing membuat orang berisiko terkena kolesterol tinggi. Sehingga dibutuhkan cara untuk menetralkan hal tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buah tertentu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ada lima buah yang efektif dapat mengurangi kolesterol tinggi setelah makan daging kurban

1. Alpukat

Buah sangat dianjurkan untuk pasien dengan masalah tekanan darah. Alpukat merupakan sumber antioksidan yang kaya, seperti vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal. Nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, alpukat juga dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL serta trigliserida darah.

2. Tomat

Tomat memiliki banyak vitamin, seperti vitamin A, B, K dan C. Tomat memiliki efek yang baik pada mata, kulit, dan jantung manusia. Karena kaya akan kalium, tomat dianggap baik untuk jantung, menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko stroke.

3. Apel

Buah ini dipercaya dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.Serat pektin dan juga kandungan antioksidan serta polifenol yang ada dalam apel dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang tidak sehat karena memperlambat oksidasi, yang merupakan faktor risiko aterosklerosis. Aterosklerosis adalah penyakit yang ditandai oleh mengerasnya arteri. Tidak hanya itu, polifenol yang bermanfaat bagi jantung juga dapat mencegah radikal bebas dari rusaknya otot jantung dan pembuluh darah.

4. Jeruk

Buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk bali juga dapat mengontrol kadar kolesterol. Jeruk mengandung hesperidin, yang dapat mengurangi gejala tekanan darah tinggi, sedangkan senyawa pektin dan limonin dapat memperlambat aterosklerosis.

5. Pepaya

Kita tahu pepaya kaya akan kandungan serat, yang membantu mengontrol tekanan darah dan kolesterol “tidak sehat” (LDL) dalam darah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Sebuah pepaya ukuran besar mengandung sekitar 13 hingga 14 gram serat. Serat ini memastikan pencernaan lebih lancar dan membantu pergerakan usus.***

(Riswandi)




Share

dari Cianjur untuk Indonesia