Jawa BaratNasionalNEWSSeputar Cianjur

Menteri PPPA Apresiasi Perbup larangan Kawin Kontrak




INFOCJR – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengapresiasi Peraturan Bupati tentang larangan kawin kontrak.

Perbup larangan kawin kontrak ini selain untuk mencegah perkawinan anak, juga untuk menurunkan angka traficking yang disinyalir mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Kawin kontrak ini kan permasalahan lama yang harus kita selesaikan, dan ini perlu gerakan kita bersama-sama, mulai dari gerakan Pemerintah Daerah, gerakan masyarakat, tokoh agama dan termasuk kami di pusat, nanti kita akan kolaborasi koordinasi komunikasi untuk kita bisa maksimalkan,” kata menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawanti, usai melakukan kunjungan ke PAUD Harapan Bunda, Desa Sukanagalih, Pacet, Cianjur, Kamis (02/09/2021).

Ia mengatakan, Perbup larangan kawin kontrak ini tidak semata-mata hanya kebijakan, akan tetapi bagaimana Pemerintah Daerah sendiri sudah menyiapkan skema melalui pemberdayaan perempuan yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Tentunya kami berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Cianjur yang sudah mengeluarkan Perbup larangan kawin kontrak ini, ini langkah yang luar biasa,” katanya.

Ayu Bintang menuturkan, Perbup kawin kontrak ini di dalamnya ada pencegahan perkawinan anak yang tentu ini diharapkan diteruskan oleh Peraturan Menteri.

“Sudah pasti akan seperti itu, kita bicarakan dengan kementerian terkait karena ini kan perlu semua lintas ya, dengan bergerak bersama kalau untuk pemberdayaan kemudian melindungi hak-hak perempuan dan anak ini kan menjadi visi kami dan kami siap mengeluarkan peraturan,” ujarnya.

Berkaitan dengan situasi saat ini, Ia menyebutkan, kasus traficking mengalami peningkatan selain itu modusnya pun berkembang setiap tahun.

“Mudah-mudahan selain kebijakan Bupati ada juga peraturan di tingkat bawah yang memproteksi masyarakat di tingkat bawah melalui sosialisasi atau melalui pemberdayaan sehingga kita bisa menurunkan traficking serta perlu gerakan bersama karena ini permasalahan kita semua,” imbuhnya.

Sementara Bupati Cianjur, Herman Suherman berterima kasih kepada Menteri PPA yang sudah berkunjung ke Kabupaten Cianjur.

Herman berharap Perbup larangan kawin kontrak mendapatkan respon dari semua pihak.

“Terima kasih kepada Bu Menteri yang sudah berkunjung ke Kabupaten Cianjur,” ucap Herman. ***(Ghienz)




1365 posts

About author
dari Cianjur untuk Indonesia
Articles
Related posts
Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Tingkatan Kualitas, Forum RWRT Cianjur Gelar Pendidikan dan Pelatihan

1 Mins read
#INFOCJR – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas para RW dan RT, Forum RWRT Kabupaten Cianjur menggelar pendidikan dan pelatihan kepemimpinan yang…
Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Tingkatkan Disiplin Personel, Polres Cianjur Gelar Ops Hargaktibplin

1 Mins read
#INFOCJR – Sebagai upaya peningkatan disiplin dan pemeliharaan ketertiban di lingkungan Polri khususunya Polres Cianjur, Kasi Propam Polres Cianjur IPTU Sunaryo, S.H…
Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Wabup Tinjau Pembelajaran Tatap Muka

1 Mins read
#INFOCJR – Wakil Bupati Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN Ibu Dewi 2 dan SDN…