Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Terus Digaungkan, Tiga Pilar Budaya Cianjur Terus Disosialisasikan




#INFOCJR – Sebagai upaya untuk menggaungkan kembali Tiga Pilar Budaya Kabupaten Cianjur, Komite Tiga Pilar terus mensosialisasikan tiga pilar budaya di 32 Kecamatan di Kabupaten Cianjur, terlebih kepada generasi muda agar lebih paham dengan tiga pilar Budaya Kabupaten Cianjur.

Ketua Komite Tiga Pilar Budaya Kabupaten Cianjur, Raden Sulaeman, mengatakan setelah pembentukan Komite Tiga Pilar, pihaknya langsung melakukan sosialisasi pilar budaya Cianjur yakni Ngaos Mamaos dan Maenpo.

“Dari 32 kecamatan, sudah sebagian besar disambangi. Bahkan hanya tinggal beberapa kecamatan yang rencananya akan dikunjungi untuk melakukan sosialisasi serupa dalam waktu dekat,” kata Sulaeman, Minggu (12/9/2021).

Sulaeman mengatakan, tiga pilar budaya harus terus dikenalkan, terlebih kepada generasi muda agar tidak pudar seiring berkembangnya zaman.

“Pilar budaya, mulai dari ngaos mamaos dan maenpo ini merupakan jadi diri kita, masyarakat Kabupaten Cianjur. Perlu untuk dikenalkan lagi, supaya semua mengenal bahkan diharapkan bisa melestarikan, terutama generasi muda sebagai penerus kita ke depan,” ucapnya.

Sulaeman mengaku pihaknya saat ini masih bergerak secara mandiri atau belum mendapat sokongan dana dari pemerintah daerah. Meski begitu, pihaknya tidak akan menyerah untuk mengenalkan dan melestarikan pilar budaya Cianjur.

“Ini menjadi tanggung jawab kami, dan mungkin secara umum menjadi tanggungjawab semua pihak. Kita saat ini masih bergerak secara mandiri, tapi ke depannya diharapkan pemerintah juga dapat mendukung dengan penyertaan pendaan agar upayanya lebih maksimal,” tuturnya.

Sementara, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengaku pihaknya mengapresiasi langkah Komite Tiga Pilar Budaya Cianjur yang sudah bergerak cepat melakukan sosialisasi ke setiap kecamatan.

“Saya berterimakasih komite sudah bergerak secara maksimal. Ke depannya juga akan lebih kita gebyar kan tiga pilar ini, bahkan sampai masuk kurikulum muatan lokal,” ucap Herman.

Herman menuturkan, Pemkab Cianjur juga akan mendukung komite dengan memberikan pendanaan agar sosialisasi terus berjalan sehingga khususnya warga Cianjur memahami tiga pilar Budayanya sendiri.

“Kita akan dukung dengan pendaanaan dari APBD, pastinya pemkab akan mendukung pelestarian tiga pilar budaya ini,” ujar Herman.

Senada diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Ganjar Ramadhan, Ia mendukung pelestarian pilar budaya Cianjur yang dilakukan komite tiga pilar budaya, Ganjar juga mendorong Pemkab bisa segera memberikan suntikan dana agar peletarian pilar budaya Cianjur bisa lebih maksimal.

“Mereka sudah berusaha secara mandiri saat ini, ke depannya harus didukung dengan pendanaan yang memadai, karena ini pelestarian budaya, sehingga harus secara maksimal,” imbuhnya. ***(Ghienz)




1365 posts

About author
dari Cianjur untuk Indonesia
Articles
Related posts
Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Tingkatan Kualitas, Forum RWRT Cianjur Gelar Pendidikan dan Pelatihan

1 Mins read
#INFOCJR – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas para RW dan RT, Forum RWRT Kabupaten Cianjur menggelar pendidikan dan pelatihan kepemimpinan yang…
Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Tingkatkan Disiplin Personel, Polres Cianjur Gelar Ops Hargaktibplin

1 Mins read
#INFOCJR – Sebagai upaya peningkatan disiplin dan pemeliharaan ketertiban di lingkungan Polri khususunya Polres Cianjur, Kasi Propam Polres Cianjur IPTU Sunaryo, S.H…
Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Wabup Tinjau Pembelajaran Tatap Muka

1 Mins read
#INFOCJR – Wakil Bupati Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN Ibu Dewi 2 dan SDN…