Pulihkan Ekonomi, BUMDES Maleber Launching Kuliner




#INFOCJR – Tingkatkan potensi masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Maleber, menggelar launching kuliner Kacafean Damar yang berlokasi di Kalibunder Desa Maleber, Karangtengah Cianjur.

Berbagai macam aneka makanan hasil pertanian kentang, ubi, wortel, dan singkong diolah menjadi makanan kemasan baru mulai di pasarkan di Bumdes seperti singkong naik kelas, Ubi naik kelas dan krekes isi sayuran serta aneka makanan produk olahan hasil dari Desa Maleber.

Ketua BUMDES Maleber, Dani Jauhari mengatakan, launching Bumdes ini sebagai batu loncatan dan mencoba untuk merekrut para UKM khususnya yang ada di Desa Maleber. “kedepan kami akan coba meraih para ukm meraih para pengrajin home industri untuk bergabung dengan kami,” kata Dani usai membuka gerai Bumdes Maleber, Rabu (7/10/2020).

Deni menuturkan, karena ini launching pertama pihaknya akan menginventarisir beberapa makanan yang akan diangkat menjadi ciri khas dari cafe maleber ini, seperti beberapa olahan makanan hadil produksi warga.

 

“Ada singkong naik kelas yang bahan dasarnya singkong kemudian dimodif sehingga kelihatan makanan mewah ada juga ubi naik kelas, nah artinya ini mengangkat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa,” tutur Dani.

Dani menambahkan, pihak BUMDES siap untuk menjadi mitra para UKM untuk memulihkan ekonomi warga, terlebih disaat seperti ini, Warga diharapkan mampu berinovasi dan kreatif.

“Kami siap untuk memasarkan produk, dan ini hanya sekedar batu loncatan sehingga kami berkeinginan tidak lagi memproduksi tapi memasarkan produknya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Maleber, Deden Jamaludin berharap, launching BUMDES minimal bisa mensosialisasikan kepada Masyarakat, sehingga dengan adanya BUMDES diharapkan mampu meningkatkan ekonomi warga sekitar.
“Pemerintah Desa akan menggenjot perkembangan BUMDES, dan kami juga siap menganggarkan dari dana desa,” ungkap Deden. (Ghienz)




Share

dari Cianjur untuk Indonesia