Jelang Pemilu 2024, Golkar Jabar : Selamat Datang Koalisi Indonesia Bersatu!

 Jelang Pemilu 2024, Golkar Jabar : Selamat Datang Koalisi Indonesia Bersatu!



Bandung (#INFOCJR) – Partai Golkar Jawa Barat menyambut gembira terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu menjelang Pemilu 2024 yang diinisiasi tiga partai politik yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dideklarasikan 12 Mei 2022 di Jakarta.

“Komitmen kerjasama tiga partai politik ini merupakan langkah awal bagi terbangunnya koalisi bersama menjelang pemilu 2024. Selaku kader di daerah tentu saja kita menyambut terbentuknya koalisi ini sebagai keseriusan untuk membangun platform, gagasan dan ide yang akan disepakati bersama dalam perjuangan melanjutkan pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat,” kata Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily atau Kang Ace di Bandung, Kamis malam (12/5/2022).

Disebutkan Kang Ace, walaupun pemilu 2024 masih dua tahun lagi, komitmen kerjasama ketiga partai politik ini mengisyaratkan adanya harapan baru bagi politik Indonesia yang lebih baik. “Selamat datang Koalisi Indonesia Bersatu,” sambutnya.

Dimulai oleh tiga partai politik yang telah memiliki pengalaman di dalam pemerintahan dan dinamika politik bangsa, kata Kang Ace, dua Pilpres terakhir telah menyisakan trauma yang mendalam. “Pembelahan sosial, polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai, kedepan semuanya harus diakhiri,” kata Kang Ace.

Politik Identitas

Semaraknya politik identitas selama ini, sebut Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI itu, telah mewarnai lanskap politik yang ada. Pembelahan sosial seperti ini sulit dijembatani karena dua kutub yang esktrim dan terus terlibat dalam pertengkaran serta saling caci maki hingga saat ini. “Pertengkaran yang tidak ada sumbangsih apa pun untuk kemajuan bangsa,” katanya.

Sebab itu, kata dia, pihaknya akan melanjutkan Koalisi Indonesia Bersatu yang dibangun di tingkat pusat dengan meneruskan komitmen kerjasama serupa di daerah.

“Tiga partai yang berkumpul telah sepakat bahwa dalam Pemilu 2024 nanti kita tidak boleh mengalami atau terjebak pada hal yang sama. Kami ingin pemilu menjadi ajang kontestasi ide, gagasan, track record, dan prestasi. Kesempatan untuk saling membuktikan diri mana yang terbaik di antara para peserta kontestasi,” papar Kang Ace.

Menurut Kang Ace, tujuan kita satu, yakni menjadikan Indonesia yang lebih makmur, lebih kaya, dan lebih maju di masa depan. Kalaupun ada persaingan, maka bentuknya harus friendly competition. “Persaingan yang akan segera usai setelah pemilu juga usai. Karena kita butuh Bersatu agar bisa bersama-sama membangun Indonesia,” katanya.

Dijelaskan Kang Ace, koalisi ini dinamakan sebagai Koalisi Indonesia Bersatu karena kalau mau membangun, mau maju, mau makmur, tidak akan bisa diperoleh secara maksimal kalau kita tidak kembali bersatu pasca kontestasi berlangsung.

“Kebetulan hari ini Koalisi Indonesia Bersatu diinisiasi oleh tiga partai. Kalau dilihat-lihat sepintas lalu, kata bersatu itu juga merupakan gabungan dari simbol-simbol kami bertiga. BERingin lambangnya Golkar, SuryA (Matahari) Lambangnya PAN, dan BaiTUllah (Kakbah) Lambangnya PPP. Jadilah kalau digabung, papar Kang Ace, menjadi Indonesia Bersatu.

Kalau dibuatkan filosofinya, kata Kang Ace, koalisi ini menjadi sebuah harapan, menjadi sebuah koalisi yang berdiri kokoh, tumbuh kuat dan besar berkat sinar matahari, dan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

“Tentu koalisi ini sangatlah inklusif. Kami masih sangat terbuka untuk bekerjasama dengan partai politik lainnya karena yang menyatukan kami adalah kesepakatan gagasan dan ide untuk membangun Indonesia,” katanya.

Budaya Politk Baru

Sebelumnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menuturkan, ketiga partai politik pendukung pemerintah bertekad membangun budaya politik baru. Yakni, politik yang dibangun dengan kerja sama secara berjenjang dan bertahap didasari hasil kajian mendalam. Bukan kerja sama yang dilakukan secara terburu-buru dan singkat.

“Kita akan mendorong persatuan dan kita akan menegaskan risiko-risiko akibat dari pada politik identitas,” tutur Airlangga

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan, kerja sama ketiga partai juga akan dilakukan untuk menopang dan mendukung suksesnya pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga 2024.

Dalam kesempatan itu juga Airlangga menginstruksikan seluruh kader partai di seluruh jajaran untuk menindaklanjuti pertemuan tiga partai tersebut di wilayahnya masing-masing.***




infocianjur

http://infocianjur.dev

dari Cianjur untuk Indonesia