Emak-emak Bergabung di Dapur Umum BHS, Himam : Bukti Mereka Peduli




Membantu warga yang terdampak Covid-19 sejumlah emak-emak di Cianjur bergabung di Dapur Umum Berbagi Hidangan Saum (BHS) yang diinisiasi Bupati Cianjur H. Herman Suherman dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kab. Cianjur, H. Himam Haris, mengatakan, kehadiran emak-emak di dalam Dapur Umum bukti mereka peduli terhadap warga lainnya yang tengah membutuhkan bantuan.

“Hal ini tentu atut kita  apresiasi, alhamdulillah semua kompak, dari dapur umum ini kita memantik solidaritas dan gotong-royong warga lainnya,” papar Himam.

Menurut Himam, emak-emak yang juga dibantu bapak-bapak idi Damur Umum BHS ni berasal dari angota Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Tim Penggerak PKK mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten. Mereka secara sukarela memasak dan mengurus keperluan dapur umum, termasuk mengantarkannya kepada keluarga yang membutuhkan atau terdampak Covid-19.

Laporan dari koleganya di lapangan, kata Himam, setiap hari Dapur Umum tak pernah sepi dari keterlibatan banyak pihak. “Alhamdulillah ditengah keprihatinan ini kita bisa melihat betapa selama ini masyarakat kita sangat solid dan mau saling membantu bergandeng tangan,” kata Himam.

Dijelaskan Himam, biaya dan sumber dana Dapur BHS ini murni non APBD, semuanya berasal dari warga, para donatur baik individu maupun institusi termasuk keterlibatan CSR sejumlah perusahaan.

Setiap harinya, kata Himam, ada sekitar 10.000 paket nasi kotak yang dibagikan ke warga terdampak Covid-19 dari Dapur BHS di 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur ini. (Riswandi)




Share

dari Cianjur untuk Indonesia