Kesenian Sunda Meriahkan Acara Khitanan Dony Alamsyah




#INFOCJR – Dengan diarak 20 sado, Dony Alamsyah (2), yang merupakan putra dari keluarga Bapak H. Somantri dan Ibu Hj. Julaeha, kelilingi kampung untuk menumbuhkan rasa bangga setelah di khitan. Berada di barisan paling depan, terlihat Mobil Patroli Polsek Cibeber, Cianjur pun ikut mengawal arak-arakan pawai khitanan tesebut.

“Pawai ini dalam rangka syukuran khitanan putra kami, dan kenapa memilih sado, karena jangan sampai kita lupa dengan budaya, naik sado salah satu budaya disini,” kata H. Somantri yang merupakan Komisaris RFM Grup, di Kampung. Leuwi Pari, Desa Cibadak, Kecamatan Cibeber, Cianjur, Minggu (13/09/20).

 

Ia mengatakan, arak-arakan pawai disambut baik oleh warga sekitar, dengan rute mulai dari kediaman rumahnya di Kp. Leuwi Pari menuju Alun-Alun Cibeber kemudian menuju Kp. Mayak.

Keluarga Bapak H. Somantri. / @infocianjur

“Semoga putra kami tumbuh rasa bangga pada dirinya setelah dikhitan. Artinya putra saya sudah melewati satu tahap lebih tinggi bagi seorang anak laki-laki,” ujarnya.

Syukuran ini pun, lanjut Dia, tetap dengan menerapakan protokol kesehatan Covid-19. Dimana pihaknya menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun, menyiapkan masker, cek suhu tubuh bagi para undangan serta jaga jarak.

“Saya berharap dengan pawai seperti ini nantinya dapat merangsang anak-anak lain yang belum berkhitan untuk segera dikhitan, putra saya menjadi anak yang sholeh, berguna untuk bangsa dan negera,” pungkasnya. *** (Ris)




Share

dari Cianjur untuk Indonesia