Millennials itu Bukan Hanya Soal Umur Tapi Tentang Pikiran




#INFOCJR – Millennials itu bukan saja soal umur atau usia semata tapi yang terpenting sebenarnya adalah soal pikiran, tentang konsep, tentang rancang masa depan yang melompat jauh untuk kebaikan kemanusian, keadilan sosial, ilmu pengetahuan, lingkungan hidup dan perdamaian serta tata dunia baru yang makin menggelobal dan dinamis.

Demikian dikatakan Pendiri Equivalent Institute, Saep Lukman, dalam Diskusi Peran Generasi Millennials dalam Pelayanan Publik dan Penanganan Covid-19 di Bale Desa Nanggala Mekar Kecamatan Ciranjang Cianjur, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, millennials atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980- 2000an. Maka ini berarti millenials adalah generasi muda yang berumur 17- 40 pada tahun ini.

“Millennials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi,” kata Saep.

Generasi millennials lanjutnya memiliki ciri khas tersendiri yaitu, mereka lahir pada saat TV berwarna, handphone juga internet sudah diperkenalkan. Sehingga generasi ini sangat mahir dalam teknologi.

“Di Indonesia sendiri dari jumlah 255 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta lebih merupakan generasi millenials atau berusia 17- 40 tahun,” sebutnya lagi.

Dikatakan Saep, Bung Karno adalah millennial di zamannya kalau kita melihat dari sisi pikiran. Ia muda, mandiri, pintar punya visi kedepan dan konsep yang luar biasa untuk bangsanya, juga ia melakukan aksi dan praktek untuk mewujudkan ide-idenya.

Hadir sebagai pembicara lainnya antara lain Pakar Digital Marketing dan Ekonomi Kreatif, Mario Devis. Acara diikuti oleh 100 utusan pemuda dan remaja dari tiap desa di Kecamatan Ciranjang dan Bojongpicung dengan harapan mereka dapat turut berkiprah dan membangun desanya ditengah pandemik Covid-19.***(Ris)




Share

dari Cianjur untuk Indonesia