Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

SDN Sukatani Cibeber Latih Muridnya jadi Duta Lingkungan




#INFOCJR – Sekolah di SDN Sukatani, Desa Mayak Kecamatan Cibeber, Cianjur membuat inovasi dengan membuat kerajinan dari sampah.

Revan salah satu murid kelas 5 A SDN Sukatani mengaku senang dengan kegiatan yang dilakukannya bersama teman-teman di sekolahnya.

Selain itu revan menuturkan, hasil karyanya ditukar dengan nilai pelajaran yakni Seni budaya Kerajinan (SBK), IPA, dan PPKN.

“Sangat senang, tak hanya dapat mengelola sampah dengan baik tapi dapat nilai juga dari para guru,” katanya di SDN Sukatani, baru-baru ini.

Kepala Sekolah SDN Sukatani Nurhayati mengatakan, ide awal program sampah Ecobrik adalah keprihatinanya melihat sampah yang menggunung sehingga ia dan guru-guru membuat ide pemanfaatan sampah plastik melibatkan para siswa.

“Siswa dan siswi dilatih agar menjadi duta lingkungan untuk dirinya juga keluarganya dengan memanfaatkan sampah hasil olahan makanan menjadi beberapa kerajinan,” katanya.

Proses pembuatan barang kerajinan, awalnya sampah plastik bekas olahan makanan dimasukan ke botol plastik yang diisi padat dengan limbah non biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan berbagai keperluan.

“Beberapa hasil karya dari sampah Ecobrik diantaranya gerbang sekolah, meja, kursi, pot bunga dan lainnya,” ungkapnya.

Nurhayati menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menanggulangi sampah plastik baru yang hanya dapat terurai setelah 450 tahun lamanya.

“Solusi dari kami yah seperti itu. Jika dibakar akan menyebabkan pencemaran lingkungan,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan program yang telah diterapkan selama 2 tahun ini mampu menjawab persoalan sampah di masyarakat.

“Harapannya program yang telah berjalan 2 tahun dapat mengedukasi masalah permasalahan sampah selama ini,” pungkasnya.***(Ghienz)




1365 posts

About author
dari Cianjur untuk Indonesia
Articles
Related posts
Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Tingkatan Kualitas, Forum RWRT Cianjur Gelar Pendidikan dan Pelatihan

1 Mins read
#INFOCJR – Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas para RW dan RT, Forum RWRT Kabupaten Cianjur menggelar pendidikan dan pelatihan kepemimpinan yang…
Jawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Tingkatkan Disiplin Personel, Polres Cianjur Gelar Ops Hargaktibplin

1 Mins read
#INFOCJR – Sebagai upaya peningkatan disiplin dan pemeliharaan ketertiban di lingkungan Polri khususunya Polres Cianjur, Kasi Propam Polres Cianjur IPTU Sunaryo, S.H…
Cianjur ManjurJawa BaratNEWSSeputar Cianjur

Wabup Tinjau Pembelajaran Tatap Muka

1 Mins read
#INFOCJR – Wakil Bupati Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SDN Ibu Dewi 2 dan SDN…